• Doa Nabi Muhammad Pada Perang Khandak

    Pada perang Khandaq, yaitu perang antara kaum Muslimin yang berada di Kota Madinah dengan Kau musyrikin yang datang dari Mekkah ke kota Madinah.

    Pertempuran ini dinamai Pertempuran Khandaq (Arab الخندق) karena parit yang digali oleh umat Islam dalam persiapan untuk pertempuran. Kalimat Khandaq kata adalah bentuk bahasa Arab dari bahasa Persia "kandak" (yang berarti "Itu yang telah digali"). 

    Untuk melindungi Madinah dari serangan gabungan, maka dibuatlah parit sebagai strategi berperang untuk menghindari serbuan langsung dari pasukan Al-Ahzab Quraisy dan bani Nadir. Strategi pembuatan parit di sela sela daerah yang tidak terlindungi oleh pegunungan sebagai tempat perlindungan adalah strategi dari sahabat Rasulullah S.A.W bernama Salman al-Farisi yang berasal dari Persia, sehingga perang ini disebut dengan pertempuran parit/khandaq. Sejatinya strategi ini berasal dari Persia, yang dilakukan apabila mereka terkepung atau takut dengan keberadaan pasukan berkuda.(kutip dari wikipedia)

    selain strategi diatas ada yang tidak bisa di kesampingkan yaitu Doa Nabi Muhammad SAW. saat di kepung, yaitu berbunyi :

    "Ya Allah yang menurunkan Al Kitab, yang menjalankan awan, yang menghisab amal dengan cepat dan yang mengalahkaan azab.
    kalahkan mereka, guncangkan mereka dan menangkan kami atas mereka"

     sehingga terjadilah badai yang menghempaskan kemah-kemah kaum Quraisy yang bersiap di luar kota Madinah.

    oleh : Muhtar.


1 komentar: