• Bagian mana tubuhmu yang penting !



    Ibuku selalu bilang padaku, apa bagian tubuhmu yang paling penting. Bertahun-tahun aku selalu menebak dengan  jawaban yang aku anggap benar. Ketika aku muda aku pikir suara adalah yang paling penting bagi manusia, jadi aku jawab “ Telinga”, tapi ternyata bukan itu jawabannya. Karena banyak orang yang tuli.

    Kemudian aku menjawab “mata”, Bu. Karena penglihatan sangat di butuhkan manusia. Ibuku memandangku dan berkata, “kamu belajar dengan cepat, tapi jawabanmu masih salah karena banyak orang buta.”

    Aku terus menjawab dengan jawaban yang aku yakini kebenarnnya, tetapi tiap kali pula Ibuku mengatakan padaku jawabanmu masih salah.

    Sampai suatu hari kakekku meninggal. Semua keluarga sedih. Semua menangis. Bahkan, ayahku yang tegarpun menangis. Yah aku sangat ingat itu karena itu kali pertama aku melihat ayahku menangis. Ibuku memandangku ketika tiba giliranku untuk mengucapkan kata perpisahan dan doa terakhir didepan jenazah kakekku.

    Dia bertnya padaku, “Apakah kamu sudah tahu apa bagian tubuhmu yang paling penting, sayang?”

    Aku terkejut ketika ibuku bertanya demikian, karena selama ini aku kira hanyalah teka teki semata. Ibu melihat kebingungan di wajahku dan memberitahuku, “pertanyaan ini penting. Ini akan menunjukkan padamu apakahkamu sudah benar-benar “hidup”. Untuk semua bagia tubuh yang kamu beritahu padaku dulu, aku selalu berkata kamu salah dan aku telaah memberitahukan kamu kenapa. Tapi, hari ini adalah hari di mana kamu harus mendapat pelajaran yang sangat penting.”

    Dia memandangku dengan wajah keibuannya. Aku melihat matanya penuh dengan air mata. Dia berkata “sayang, bagian tubuh yang paling penting itu adalah “bahu”mu.”

    Aku bertanya “Apakah karena fungsinya untuk benahan kepala?”

    Ibu membalas, “Bukan, tapi karena bahu dapat menahan kepala seorang teman atau orang yang kamu sayangi ketika mereka menangis. Kadang-kadang dalam ini, semua orang perlu bahu untuk menangis. Aku Cuma berharap, kamu punya cukup kasih sayang dan teman-teman agar kamu selalu punya bahu untuk menangis kapan pun kamu membutuhkannya.”

    Akhirnya, aku tahu, bagian tubuh yang paling penting adalah tidak menjadi orang yang mementingkan diri sendiri. Tapi, simpati terhadap penderitaan yang di alami oleh orang lain. Orang akan melupakan apa yang kamu katakan. Orang akan melupakan apa yang kamu lakukan. Tapi, orang TIDAK akan pernah lupa bagaimana kamu membuat mereka berarti. (motovasi net : Andi Muzaki)&(Gambar: Google.com).

    “tidak pernah ada orang yang menjadi besar karena meniru orang lain. (Samuel Johnson)

2 komentar:

  1. Blogger Pemula mengatakan...

    semuanya penting kaya'nya karna salng melengkapi brapo Blogger

  2. samad dadrana mengatakan...

    baiklah nanti kalo pacarku nangis lagi akan ku sedorkan bahuku padanya hahahahhaah

    berkunjung

    label : member KBM